Loading...

Wednesday 4 October 2017

Panduan Cara Membuat Sitemap Otomatis Tanpa Plugin Di Wordpress

Cara Membuat Sitemap – Di artikel sebelumnya, MazzTutor sudah membuat panduan cara membuat halaman sitemap yang menarik di blogger. Untuk kali ini, MazzTutor akan memberikan panduan cara membuat sitemap di platform Wordpress.

Tidak jauh beda dengan platform blogger, di setiap blog atau web terutama platform Wordpress, perlu juga di buatkan sebuah navigasi sitemap atau daftar isi untuk mempermudah pengunjung untuk mengetahui apa saja isi dari blog yang kita buat.

Tidak seperti di blogger, untuk membuat sitemap di wordpress cukuplah mudah. Kita tidak perlu mengunakan script seperti di blogger, juga tidak perlu menginstall plugin kalau Anda hanya mengunakan wordpress gratisan. Berikut MazzTutor jelasakan cara membuat Sitemap atau daftar isi di wordpress dengan sangat mudah dan simple.

Membuat Daftar Isi/ Sitemap Otomatis di Wordpress Tanpa Plugin

1. Cara Pertama Dengan Mengunakan Shortcode [Archive]

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan login ke dasboard, kemudian buat page/halaman dengan memilih Pages => Add New.

Pada lembar laman baru, pilih mode HTML dan ketik shortcode [archive]. Pilih pratinjau untuk melihat hasil daftar isi-nya.

Untuk mempercantik tampilannya, Anda bisa menambahkan menu scroll agar tampilan halamannya tidak terlalu panjang seperti gambar sitemap dibawah ini.

Membuat Sitemap Wordpress Dengan Mengunakan Shortcode [Archive]


Untuk membuat sitemap seperti demikian, Anda bisa gunakan kode dibawah ini
<div style="overflow: auto; width: 800px; height: 1200px; text-align: left;">[archives]</div>

*Note: ubah width dan height sesuai lebar theme blog Anda.

2. Cara Kedua Dengan Mengunakan Shortcode [Display post]

Cara kedua dengan mengunakan Shortcode display post, berbeda dengan cara yang pertama. Anda bisa memisahkan list post sesuai dengan kategori. Caranya copy kode script dibawah ini.
<h2>Nama-Kategory1 </h2>
[display-posts category=”nama-kategori1”]
<h2>Nama-Kategory2 </h2>
[display-posts category=”nama-kategori2”]
Paste kode tersebut di laman mode HTML, isikan “nama-kategori” dengan nama kategori di blog Anda. Pindah ke mode Visual dan tampilannya seperti gambar berikut.

Membuat Sitemap Wordpress Dengan Mengunakan Shortcode [Data Post]


Kelemahannya untuk cara kedua ini, biarpun list postnya terlihat rapi dengan dipisah sesuai kategori, tapi jumlah judul post yang tampil maksimal hanya 10 post tiap kategori.

Membuat Sitemap Wordpress Dengan Mengunakan Shortcode [Data Post]


Semoga tutorial sederhana kali ini bisa membantu bagi yang ingin membuat halaman sitemap otomatis di wordpress. Selamat mencoba [MT]

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 

Blog Tutorial Masa Kini Copyright © 2013 Minima Template
Designed by BTDesigner · Powered by Blogger