Loading...

Thursday 7 September 2017

7 Situs Penyedia Blog Gratis Terbaik 2017 Versi Mazz Tutor

Di artikel pertama akan lebih enak untuk saling berkenalan, tapi sudahlah, Anda bisa memanggil saya dengan Mazztor biar lebih akrab.

Sebelum memulai membahas lebih jauh tentang 10 situs penyedia blog gratis terbaik, akan lebih enak kalau kita memahami terlebih dahulu pengertian blog itu sendiri.

Menurut Wikipedia Blog atau Web-blog adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Fungsinya sebagai media publikasi untuk menyalurkan ide, maupun sebagai media pemasaran dan ulasan suatu produk yang dikemas berupa tulisan yang menarik.

MazzTutor akan menjelaskan 7 situs penyedia blog gratis yang semoga bermanfaat dan menjadi pertimbangan Anda yang ingin berencana membuat dan memulai sebuah blog baik untuk catatan pribadi maupun sebagai media pemasaran produk Anda.

1. Blogger.com
blogger, blogspot

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh blogger.com, dimiliki oleh perusahaan Pyra Labs yang disebarluaskan tahun 1999. Karena kepopulerannya, akhirnya Blogger.com diakuisisi oleh pihak Google pada tahun 2002. Semenjak saat itu paltform blogger (Baca Panduan lengkap cara membuat blog gratis di blogger.com) ini sangat diminati oleh penulis blog.

Sama seperti blog yang saya gunakan ini, juga menggunakan platform blogger.com, selain mudah dipahami, juga sangat praktis karena sudah terhubung dengan satu account email gmail yang sama.

2. Wordpress.com


Wordpress.com juga merupakan penyedia hosting blog gratis milik Automatic. Banyak pengguna blog menggunakan platform wordpress ini. Selain lebih User Friendly, juga lebih simple tanpa harus berutak-atik dengan kode HTML untuk mempercantik tampilan blog. Berbeda dengan Blogger yang harus sedikit berjuang untuk berexplorisasi kode HTML theme.

Tapi di wordpress.com (Baca Panduan lengkap cara membuat blog gratis di wordpress.com)tidak mengizinkan monotize berupa iklan, kecuali anda harus mengupgrade menjadi premium terlebih dahulu. Berbeda dengan blogger, walaupun gratisan, Anda masih bisa memasang iklan dari google adsense untuk mendulang recehan dari blog.

3. Tumblr.com


Tumblr.com juga cukup User Friendly, meskipun tidak begitu populer dibandingkan dengan platform blogger atau wordpress. Tumblr ini sangat cocok bagi pengguna blog yang ogah rumit. Karena tampilannya yang sangat sederhana dan tidak banyak memiliki navigasi dan tombol untuk tampilan webnya.

4. Weebly.com


Jika Anda ingin mempunyai blog yang anti mainstream, mungkin Weebly.com adalah jawaban yang tepat untuk Anda. Sama dengan Tumblr yang cukup memudahkan penggunanya dengan layanan drag dan drop yang mudah. Anda cukup mengklik elemen yang diinginkan dan menaruhnya ditempat yang dikehendaki, tanpa harus ribet dengan koding html.

Menariknya, Weebly menyediakan layanan stock foto profesional secara gratis tanpa harus susah mencari di tempat lain, tinggal ketikkan kata kunci gambar yang diinginkan, dan pengguna boleh memilih gambar gratis yang sudah disediakan.

5. Blogdetik.com


Blogdetik.com merupakan penyedia blog gratis dari Indonesia, Di blogdetik juga sudah disediakan theme yang menarik untuk tampilan blog yang Anda, tapi Anda tidak bisa mengunggah theme lain selain yang sudah disediakan oleh blog detik.

Sebagai pengguna blog detik, Anda akan diberi kesempatan untuk artikel anda dipajang di homepage blogdetik dengan syarat tulisan yang Anda muat bagus dan biasanya sesuai tema yang sudah ditentukan.

Diblogdetik ini juga terdapat forum komunitas blogger, dan terkadang diadakan event-event lomba dengan hadiah yang menarik bagi pengguna blogdetik ini.

6. Kompasiana.com


Kompasiana.com juga merupakan penyedia blog yang juga dari Indonesia. Kompasiana lebih banyak dihuni oleh jurnalis warga yang mengunakan kompasiana sebagai media berbagi informasi yang cukup relevan.

Sama halnya dengan blog detik, kompasiana juga sering mengadakan lomba berhadiah bagi pengguna kompasiana.com.

7. Medium.com


Medium.com di buat oleh entrepreneur Evan Williams yang juga merupakan CEO twitter. Jadi tidak salah jika Anda bisa login dengan account twitter untuk mendaftar di medium ini.

Tampilannya yang cukup sederhana, Anda juga bisa mention teman selayak ditwitter dengan mudah. Medium ini seperti twitter, bedanya Anda bisa menulis lebih dari 140 karakter disini.


Yah begitulah 7 penyedia blog gratis terbaik versi Mazz Tutor, Kurang lebihnya MazTutor mohon maaf yang sebesar-besarnya, karena hanya beberapa list tersebut yang MazzTutor pahami dan kenali lebih jauh. Anda bisa memilih dan memilah terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membuat blog baru yang gratis didunia maya ini. [MT]

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 

Blog Tutorial Masa Kini Copyright © 2013 Minima Template
Designed by BTDesigner · Powered by Blogger